Cara Pengoperasian Mesin Pengering Panel Digital IPSO dan Speed Queen

Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak pengusaha laundry menggunakan mesin pengering atau dryer dengan panel control digital. Bagi yang belum terbiasa menggunakan mesin pengering dengan panel control digital mungkin akan sedikit bingung bagaimana cara penggunaannya. Pada prinsipnya penggunaan mesin pengering dengan panel digital tidak jauh berbeda dengan mesin pengering panel analog.

Yang harus diketahui agar dapat mengoperasikan mesin pengering adalah fungsi dari tombol-tombol dan fitur-fiturnya. Berikut adalah fungsi tombol dan fitur mesin pengering panel digital IPSO dan Speed Queen kapasitas 10,5 Kg untuk mesin single maupun stack/bertingkat :

  • DISPLAY DIGITAL

Dua digit angka pada display menunjukkan waktu yang tersisa dalam satu kali proses. Display tersebut juga menampilkan kode diagnosa jika terjadi error.

Jika tidak ada tombol yang ditekan selama lima menit setelah proses selesai, kontrol akan memasuki Mode Tidak Aktif. Lampu di sudut kanan bawah layar digital akan berkedip satu kali setiap menit. Untuk keluar dari mode ini atau untuk memulai proses lagi tekan tombol Power.

  • PRESET CYCLES

Deskripsi siklus berikut akan membantu menentukan siklus ke pilih tergantung pada jenis cucian yang dikeringkan. Pengaturan siklus dapat dimodifikasi menggunakan Seleksi dan Pilihan.

Auto-Sensing : Operasi siklus pengeringan Auto-Sensing ditentukan oleh jenis siklus dipilih serta sistem sensor kelembaban, yang bisa diatur dengan mengubah pengaturan Kekeringan. Siklus Auto-Sensing adalah Siklus Energy Saver yang membantu mencegah over-drying. Ketika beban basah dimasukkan ke dalam pengering, dibutuhkan sejumlah tertentu waktu untuk mencapai tingkat kekeringan yang diinginkan. Waktu akan bervariasi sesuai dengan beban ukuran, jenis kain, jumlah kelembaban dalam beban, aliran udara dan lingkungan ruang cuci. Perkiraan waktu akan ditampilkan dalam tampilan digital.

Manual : Ada tiga siklus manual : Time Dry, Quick Dry, dan Fluff Up. Siklus ini akan berjalan untuk sejumlah menit yang ditunjukkan pada tampilan digital. Waktu siklus dapat ditingkatkan atau diturunkan menggunakan tombol panah ke atas dan ke bawah. Pemilihan waktu dan suhu dapat disesuaikan secara manual kapan saja sebelum atau selama siklus.

  • SELECTION

Pilihan berikut dapat digunakan untuk mengatur Temp, Dryness.

Temp : Tekan tombol Temp untuk mengubah suhu cycle Manual. Pilihan terdiri dari No heat (Tidak Panas), Low (Panas Rendah) atau  High (Panas Tinggi).

Dryness : Tekan keypad Dryness untuk mengubah tingkat kekeringan dalam cycle Auto-Sensing. Pilihan terdiri dari Damp, Near Dry dan Dry.

Damp : Sedikit lembab agar penyetrikaan lebih mudah.
Near Dry : Digunakan untuk beban normal.
Dry : Digunakan untuk barang-barang berat seperti jeans, selimut, dll.

Pengeringan yang berlebihan (over dry) dapat menyebabkan kerutan, menyusut, serat pakaian rusak, dan akan boros gas dan listrik. Untuk meningkatkan penghematan energi dan untuk memastikan pakaian yang dikeringkan tidak over dry (terlalu kering), atur Auto-Sensing di Near Dry. Jika pakaian masih basah atau terlalu kering akhir proses, anda dapat menambah atau mengurangi pengaturan Dryness pada proses pengeringan selanjutnya untuk pakaian tersebut. Ingat pengaturan terbaik akan mendapatkan hasil pengeringan yang ideal.

  • OPTIONS

Pilihan berikut dapat digunakan untuk mengatur signal/alarm. Menekan tombol Signal akan mengaktifkan/menonaktifkan alarm yang akan berbunyi pada akhir proses.

  • STATUS

Lampu Status menyala selama proses untuk menunjukkan proses apa yang sedang berjalan. Lampu status Door Open menyala menunjukan pintu mesin kondisi terbuka. Lampu status Heating  menyala menunjukkan bahwa proses panas sedang beroperasi. Lampu status Cool Down menyala menunjukan mesin sedang proses pendinginan.

Butuh Bantuan? Chat kami disini