Penyebab Pakaian Lama Kering Pada Mesin Dryer

Umumnya mesin pengering rata-rata memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk proses pengeringan. Bagaimana jika proses pengeringan pakaian pada mesin dryer memerlukan waktu yang lebih lama.

Ada beberapa penyebab proses pengeringan menjadi lama, berikut diantaranya:

1.  Lint filter/saringan udara sudah penuh

Semua mesin dryer memiliki lint filter/saringan udara untuk menyaring debu/kotoran yang berasal dari pakaian. Beberapa dryer posisi lint filter berada di pintu mesin, ada juga yang posisi lint filternya di bagian atas atau bawah mesin. Lint filter ini harus selalu dibersihkan secara rutin.

2. Ventilasi udara/pembuangan udara tersumbat

Untuk kasus ini anda dapat mengecek dan membersihkan saluran pembuangan udara pada bagian belakang mesin pengering.

3. Banyak debu di dalam mesin

Debu yang menumpuk di dalam mesin dapat menyebabkan sirkulasi udara tidak mengalir dengan sempurna, sehingga panas mesin pengering tidak maksimal dan proses pengeringan pakaian menjadi lebih lama. Disarankan melakukan maintenance rutin setiap 3-4 bulan sekali oleh teknisi yang ahli dan berpengalaman.

4. Part sudah tidak berfungsi normal

Setiap part mesin dryer memiliki lifetime atau masa pakai, jika mesin pengering anda membutuhkan waktu yang lama untuk proses pengeringan ada kemungkinan sebagian part sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Terutama part yang berhubungan dengan bagian pemanas, seperti: Thermostat, Flame Sensor, Coil Valve, Igniter dll. Untuk kasus ini diperlukan keahlian teknik untuk memperbaikinya

Demikian uraian beberapa hal yang menyababkan proses pengeringan pakaian pada mesin dryer menjadi lama, semoga dapat bermanfaat.

Butuh Bantuan? Chat kami disini